Final Project Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja

Nama    : M Naufal Badruttamam

NRP      : 5025211240

Kelas     : PBKK B

Tahun    : 2023 / 2024 (Ganjil)

Link Github: https://github.com/zetsux/codeigniter4-bicycle-shop

Final Project Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja

Pada final project PBKK kali ini saya telah mendapatkan paper yang akan saya gunakan nantinya. Berikut adalah paper nya https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/236. 

yang memiliki judul "SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER" yang dibuat oleh mahasiswa Universital Teknokrat Indonesia. 
  1. Buatlah deskripsi studi kasus aplikasi ditinjau dari MVC nya(individu) 
  2. Buatlah rancangan umum arsitektur atau fitur yang ada dalam aplikasi  (individu)
  3. Rancang desain databasenya  (individu)
  4. Buat desain front end  (individu)
  5. Tentukan Control yang akan mengandle logika back end.  (individu)
  6. Implementasikan rancangan yang sudah dibuat menggunakan Framework NET, CI ataupun Framework Google 
  7. Buat video presentasinya, upload di youtube, dan dokumentasikan di blog
Jawab 
1. 
Latar Belakang: Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak positif terhadap berbagai sektor, termasuk industri penjualan sepeda. Untuk meningkatkan efisiensi dan keterjangkauan pelanggan, dibangunlah Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web menggunakan Framework CodeIgniter. Framework ini dipilih karena kemampuannya yang tangguh dalam mempermudah pengembangan aplikasi web dengan pola desain Model-View-Controller (MVC). 

Model: Model dalam sistem ini bertanggung jawab untuk mengelola data terkait penjualan sepeda. Ini mencakup pengelolaan stok sepeda, informasi produk, dan transaksi penjualan. Model juga berperan dalam memproses data dari database, memastikan integritas data, dan memberikan informasi yang akurat kepada bagian Controller.

View: Bagian View dalam aplikasi ini menangani tampilan antarmuka pengguna. Hal ini mencakup halaman-halaman web untuk menampilkan daftar produk, keranjang belanja, proses checkout, dan riwayat transaksi. Desain antarmuka yang responsif dan user-friendly menjadi fokus utama dalam meningkatkan pengalaman pengguna.

Controller: Bagian Controller merupakan otak dari sistem, mengatur alur logika bisnis dan interaksi antara Model dan View. Controller bertanggung jawab untuk menerima input dari pengguna, memprosesnya, dan mengirimkan instruksi ke Model untuk memanipulasi data. Selain itu, Controller juga mengarahkan View untuk menampilkan hasilnya kepada pengguna.

2.
Manajeme Produk:  Pengguna dapat menelusuri daftar produk sepeda, melihat spesifikasi, dan membandingkan harga.

Keranjang Belanja: Kemampuan untuk menambah, menghapus, dan mengelola item dalam keranjang belanja.

Proses Checkout: Pengguna dapat mengisi informasi pengiriman, memilih metode pembayaran, dan menyelesaikan transaksi.

Riwayat Transaksi: Pengguna dapat melihat riwayat pembelian dan status pengiriman.

Manajemen Stok: Sistem memberikan informasi real-time tentang stok produk kepada pengelola.

3. Design Database
4. Design Frontend











5. Design Controller

Product Controller
- Menangani operasi terkait produk seperti menampilkan daftar produk, menambah produk baru, mengedit, dan menghapus produk.
- Berinteraksi dengan model Produk untuk mengelola data produk.

Transaksi Controller
-Menangani operasi terkait transaksi seperti menampilkan daftar transaksi, mengelola proses checkout, dan mengubah status pembayaran.
- Berinteraksi dengan model Transaksi untuk mengelola data transaksi.

Pelanggan Controller
- Menangani operasi terkait pelanggan seperti registrasi, login, dan pengelolaan informasi pelanggan.
- Berinteraksi dengan model Pelanggan untuk mengelola data pelanggan.

6. Menggunakan CodeIgniter 4
Disini saya akan mengimplementasikan CI 4 karena menerapkan sistem MVC yang mudah untuk digunakan

7. Laporan Demonstrasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 11 Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja

Tugas 10 Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja