Tugas 10 Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja

Nama    : M Naufal Badruttamam

NRP      : 5025211240

Kelas     : PBKK B

Tahun    : 2023 / 2024 (Ganjil)

Link Github: https://github.com/Caknoooo/PBKK_Tugas_10_Google_Apps

Link Deployment: https://pbkk-tugas-10-google-apps.vercel.app/ 

Link Spreadsheet: https://docs.google.com/spreadsheets/d/1qRkh_OKH_c_7lQayZxYvXlGCtuswnTJyomwjr7eaSlk/edit?usp=sharing

(Seluruh Laporan dan Demo sudah saya cantumkan di Github)

Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja 

Google adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Produk-produk Google sudah terkenal sejak dahulu dalam membantu mempermudah pekerjaan manusia, diantaranya yaitu Google Maps, Google Chrome, Google Earth, Google Desktop, dan yang paling familiar bagi kita semua yaitu Google Document.

Google Document (Google Docs.) adalah layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Google Docs ini terdiri dari beberapa macam yaitu Google Docs seperti Ms Word, Google Sheet seperti Ms. Excel, Google Slides seperti Ms. PowerPoint, dan Google Form seperti formulir pengambilan data.

Pada tugas 10 kali ini saya  akan membahas lebih dalam mengenai Google Sheet atau biasa disebut dengan Google Spreadsheet. 

Google Spreadsheet memiliki fungsi yang sama seperti Ms. Excel, namun dengan Google Spreadsheet ini kita dapat mengerjakan suatu dokumen secara bersamaan dengan rekan-rekan lainnya secara real time karena berbasis web dan dikerjakan secara online.
Google Spreadhsheet biasa digunakan untuk menyimpan data seperti tabel, grafik, dll dengan menginputkan data secara manual. Ternyata selain itu, Google Spreadsheet juga dapat digunakan sebagai Database dalam pembuatan suatu Aplikasi Entry Data. Google menyediakan layanan berupa Script Editor atau biasa disebut sebagai Google Apps Script, dimana Google Apps Script adalah sebuah bahasa pemrograman yang dieksekusi secara remote di dalam google cloud. Dengan Google Apps Script kita dapat membuat sebuah aplikasi Entry Data, berbasis web, dan data tersebut otomatis akan tersimpan pada Google Spreadsheet sebagai databasenya. Selain itu, dengan Google Apps Script kita juga dapat melakukan beberapa hal lainnya, seperti :
- Menulis UDF (user-defined function) untuk google sheet
- Membuat aplikasi macro
- Mengembangkan spreadsheet-based application
- Integrasi dengan Products & Service Google lainnya
- Mengembangkan Graphical User Interface (GUI) yang berjalan sebagai Web Application
- Interaksi dengan cloud-based relational database melalui Google JDBC Service







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 5 Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja

Tugas 4 Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja

Tugas 7 Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja